Beberapa Masalah pada Printer Epson L220 dan Cara Reset Secara Manual

Ketika menggunakan printer epson l220, pastinya sangat jengkel apabila printer tersebut mengalami masalah. Hal tersebut membuat aktivitas kita dalam mencetak dokumen menjadi terhambat.

cara reset printer epson l220

Biasanya, munculnya masalah tersebut ditandai dengan kedip pada lampu indikator tinta atau kertas secara bergantian atau bersamaan. Dengan demikian, printer tersebut tidak mau melakukan perintah mencetak atau tidak bisa digunakan. Kemudian, print biasanya meminta untuk di reset. Di bawah nanti akan dijelaskan mengenai cara reset printer epson l220.

Lalu sejumlah penyebab munculnya kedip tersebut bisa saja dikarenakan tinta yang habis, paper jam, ada sesuatu yang macet di dalam roller, cartridge kotor atau rusak, cetakan kertas telah mencapai batas maksimal. Di bawah ini beberapa solusi untuk mengatasi masalah di atas.

  • Periksa kembali pada tabung printer, jika tinta habis maka segera isi ulang,
  • Kemudian periksa cartridge printer. Pastikan tidak ada kotoran di sana dan perhatikan posisinya, sudah terpasang dengan benar atau belum,
  • Pastikan tidak ada kertas atau benda lain yang terjepit di dalam roller printer,
  • Terakhir, perhatikan sambungan kabel yang mengubungkan antara printer dengan komputer. Pastikan kabel tersebut sudah terpasang dengan baik.

Kemudian selain itu, pada layar juga akan muncul pada kotak dialog. Kotak tersebut berisikan sebuah peringatan seperti “it is time to reset the ink levels” , “it is nearly time to reset the ink levels” , “Ink waste is full” , “service require” , “Ink pad is at the end of its service live”. Semua pesan tersebut berisikan bahwa errordan minta untuk direset. Cara reset printer epson l220 sebenarnya tidaklah sulit, berikut caranya :

Cara ini adalah menggunakan metode manual artinya tidak memakai software. Cara reset printer epson l220 juga cukup gampang.

  1. Anda cabut kabel power selama beberapa menit.
  2. Kemudian nyalakan kembali, anda tunggu sampai pada posisi printer menyala dengan sempurna.
  3. Langkah selanjutnya, tekan dan tahan tombol resume (logo tinta) selama 5 detik, dan kemudian lepas.
  4. Tekan lagi dan tahan tombol resume kurang lebih selama 3 detik, baru kemdian lepaskan.
  5. Tidak lama kemudian, printer akan melakukan proses reset dengan sendirinya dan anda tinggi menunggu hingga selesai.
  6. Jika lampu indikator tidak akan berkedip lagi, maka tandanya anda sudah berhasil reset dan printer siap untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *